KeCeRDaSaaN eMoSi aNaK

Seperti setiap kunci sukses mendidik anak yang diberikan Rasulullah saw "Tiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan suci(fitrah islami).Ayah ibunyalah yang kelak menjadikanya Yahudi,Nasrani atau Majudi(penyembah api dan berhala)" (HR Bukhari)

1.Keluarga adalah awal dari segala-galanya.
adalah sebuah keluarga muda ,terdiri dari ayah,ibu dan anak2 hidup bersama.Anak-anak bagai tanaman,mereka di tanam dan dibesarkan dalam keadaan yang berbeda.Ditanah yang berbeda tingkat kesuburannya,disiram dengan kualitas air dan kuantitas yang berbeda.Serta dengan posisi peletakan yang berbeda.Itulah yang membuat anak-anak kita berbeda walaupun dari 1 rahim yang sama.

2.Lima tahun awal yang sangat berharga.
Temukan beberapa kekurangan sifat Anda,yang selama ini cukup mengganggu.Lantas tengok kembali kisah kehidupan lima tahun pertama Anda.Penyebabnya pasti ada disana.
Sebaliknya,Anda pun akan menemukannya bahwa detik demi detik di lima tahun pertama itu pulalah yang memberikan buah dari sifat-sifat baik.

3.Kecerdasan emosional,yang kerap terabaikan
Tahukah Anda,apa harapan terbesar orang tua yang anaknya duduk di bangku Taman Kanak-kanak?
Ya,pastinya beharap cepat pintar,cepat bisa membaca tulis,mereka cendrung kecewa bila anak-anaknya terlalu banyak diajarkan menyanyi di TK.Padahal melalui aktifitas mewarnai,menggambar,menyobek,menyanyi,bermain balok atau sekedar bermain kelereng,kecerdasaan emosi anak lebih terasah.Jangan sia-siakan sekecil apapun peristiwa yang mereka alami,karena akan membawa dampak besar bagi masa depannya.

Menurut buku yang pernah saya baca "Melipatgandakan Kecerdasan Emosi Anak" karya Irawati Istadi,

TK-ku,Bengkel Kecerdasan Emosiku

Dunia kehidupan anak di TK,benar2 sarat dengan proses pengembangan EQ tersebut.Melatih keberanian,percaya diri,dan kemandirian.Juga belajar menahan amarah,menunda keinginan,antri,dan mengutamakan orang lain,hingga belajar mengalah.
Memasuki usia Sekolah Dasar,proses pembentukan emosi masih terus berlangsung.Namun konfliknya yang dihadapi semakin komplek.Melalui proses2 tersebutlah,kecerdasaan emosi anak dipertahankan dan dikembangkan.

Rumah-ku,Pusat Kecerdasaan Emosi

Dirumah senantiasa terjadi peristiwa yang merupakan proses pembentukan kecerdasan emosi.Ketika anak harus berbagi dengan adik barunya,berbagi perhatiaan orang tua,berbagi kasih sayang dari nenek,dan juga berbagi pujian dari saudara-saudara lainnya.
Tapi tetap teladan orang tua di rumah ,menjadi pembelajaran paling berharga bagi anak.Dari kitalah kecerdasaan emosi anak memperoleh panduan.
Jika menginginkan putra putri Anda memiliki kecerdasaan emosi tinggi,orang tuanyalah yang harus belajar terlebih dahulu,meningkatkan kecerdasaan emosi pribadinya. Selanjutnya biar berlangsung apa adanya.
Karena tanpa susah payah menasehati pun,ketinggian kecerdasan emosi orang tua sudah akan terbaca dengan sendirinya oleh anak.Itulah peran rumah,sebagai pusat kecerdasan emosi.

3 comments:

Keke Naima mengatakan...

setuju mbak.. membangun kecerdasan emosi itu sangatlah penting. Semuanya berawal dari keluarga. Dan ketika sy memilih TK pun sy lebih memilih TK yg mementingkan kecerdasan emosi anak.
Sayangnya jaman skrg yg namanya kecerdasan emosi kurang diperhatikan y.. tp baru menyadari ketika sudah dewasa. Ketika terjadi masalah. Biasanya disitu baru menyadari kurangnya kecerdasan emosi. Tp ketika sudah dewasa tentu aja memperbaikinya jauh lebih sulit ketimbang masih anak2 y mbak..

123 mengatakan...

This year, ugg classic short boots Australia has aloof appeared ugg short boots new bandage of boots for the advancing season. These ugg boots are accessible to assure your anxiety from the season’s wet and arctic weather. Why delay until winter to abrasion ugg short back you can alpha cutting them in the fall? New arrivals bear the aforementioned affection and abundance that the ugg cast has consistently been accepted to have. The afterward are a few abundant choices of cheap uggs for women.

Unknown mengatakan...

http://christian4u.gather.com/
http://christian4u.livejournal.com/
http://christian4u.viviti.com/
http://christian4u.vox.com/
http://christian4u.webs.com/apps/blog/
http://christian4u.weebly.com/
http://christian4u01.wordpress.com/
http://christian4u02.gather.com/
http://christian4u02.livejournal.com/
http://christian4u02.viviti.com/
-_-